Selasa, 29 November 2011

home care


BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Visi Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah memandirikan masyarakat untuk hidup sehat dengan misi membuat rakyat sehat. Guna mewujudkan visi dan misi tersebut berbagai program kesehatan telah dikembangkan termasuk pelayanan kesehatan di rumah.
Pelayanan kesehatan di rumah merupakan program yang sudah ada dan perlu dikembangkan, karena telah menjadi kebutuhan masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dan memasyarakat serta menyentuh kebutuhan masyarakat yakni melalui pelayanan keperawatan Kesehatan di rumah atau Home Care. Berbagai faktor yang mendorong perkembangannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu melalui pelayanan keperawatan kesehatan di rumah.
Hasil kajian Depkes RI tahun 2000 diperoleh hasil : 97,7 % menyatakan perlu dikembangkan pelayanan kesehatan di rumah, 87,3 % mengatakan bahwa perlu standarisasi tenaga, sarana dan pelayanan, serta 91,9 % menyatakan pengelola keperawatan kesehatan di rumah memerluka ijin oprasional.
Berbagai faktor yang mendorong perkembangan pelayanan keperawatan kesehatan dirumah atara lain : Kebutuhan masyarakat, perkembangan IPTEK bidang kesehatan, tersedianya SDM kesehatan yang mampu memberi pelayanan kesehatan di rumah.Home care ini sangat cocok jika diberikan kepada pasien dengan penyakit kronis yang tak kunjung sembuh.

B.       TUJUAN
a.    Tujuan Umum
Tujuan umum penulis dalam menyusun makalah ini adalah agar mahasiswa mengetahui bagaimana konsep home care secara umum dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

b.   Tujuan Khusus
Tujuan khusus penulis dalam menyusun makalah ini agar mahasiswa :
1.      Mengetahui pengertian home care
2.      Mengetahui perkembangan home care
3.      Mengetahui landasan hokum home care
4.      Mengetahui Tujuan home care
5.      Mengetahui ruang lingkup home care
6.      Mengetahui Prinsip home care
7.      Mengetahui peran dan fungsi perawat home care
8.      Mengetahui standard uraian tugas dan fungsi pengelola home care
9.      Mengetahui kegiatan home care
10.  Mengetahui perencanaan dan laporan home care
11.  Mengetahui tatalaksana home care
12.  Mengetahui standard alat home care
13.  Mengetahui perijinan home care
14.  Mengetahui mekanisme pelayanan  home care
15.  Mengetahui pembiayaan home care
16.  Mengetahui pemantauan, pembinaan dan penilaian home care

C.      RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana pengertian home care?
2.      Bagaimana perkembangan home care?
3.      Bagaimana landasan hokum home care?
4.      Bagaimana Tujuan home care?
5.      Bagaimana ruang lingkup home care ?
6.      Bagaimana Prinsip home care?
7.      Bagaimana peran dan fungsi perawat home care ?
8.      Bagaimana standard uraian tugas dan fungsi pengelola home care?
9.      Bagaimana kegiatan home care?
10.  Bagaimana  perencanaan dan laporan home care?
11.  Bagaimana tatalaksana home care?
12.  Bagaimana standard alat home care?
13.  Bagaimana perijinan home care?
14.  Bagaimana mekanisme pelayanan  home care?
15.  Bagaimana pembiayaan home care?
16.  Bagaimana pemantauan, pembinaan dan penilaian home care ?



BAB II
PEMBAHASAN

A.      Definisi
Pelayanan kesehatan di rumah adalah pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien di rumahnya, yang merupakan sintesa dari pelayanan keperawatan komunitas dan keterampian teknikal tertentu yang berasal dari spesalisasi kesehatan tertentu, yang befokus pada asuhan keperawatan individu dengan melibatkan keluarga, dengan tujuan menyembuhkan, mempertahankan, dan meningkatkan kesehatan fisik, mental/ emosi pasien.
Perawatan kesehatan di rumah merupakan salah satu jenis dari perawatan jangka panjang (Long term care) yang dapat diberikan oleh tenaga profesional maupun non profesional yang telah mendapatkan pelatihan. Perawatan kesehatan di rumah yang merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah suatu komponen rentang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan serta memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.
Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien individual dan keluarga, direncanakan, dikoordinasi dan disediakan oleh pemberi pelayanan yang diorganisir untuk memberi home care melalui staf atau pengaturan berdasarkan perjanjian atau kombinasi dari keduanya (WarholaC,1980). Sherwen (1991) mendefinisikan perawatan kesehatan di rumah sebagai bagian integral dari pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh perawat untuk membantu individu, keluarga dan masyarakat mencapai kemandirian dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang mereka hadapi.
Sedangkan Stuart (1998) menjabarkan perawatan kesehatan di rumah sebagai bagian dari proses keperawatan di rumah sakit, yang merupakan kelanjutan dari rencana pemulangan (discharge planning), bagi klien yang sudah waktunya pulang dari rumah sakit. Perawatan di rumah ini biasanya dilakukan oleh perawat dari rumah sakit semula, dilaksanakan oleh perawat komunitas dimana klien berada, atau dilaksanakan oleh tim khusus yang menangani perawatan di rumah.
Menurut American of Nurses Association (ANA) tahun 1992 pelayanan keseatan di rumah adalah perpaduan perawatan kesehatan masyarakat dan ketrampilan teknis yang terpilih dari perawat spesialis yang terdiri dari perawat komunitas, perawat gerontologi, perawat psikiatri, perawat maternitas dan perawat medikal bedah.
Adapun definisi perawatan kesehatan di rumah antara lain :
1.         Perawatan dirumah merupakan lanjutan asuhan keperawatan dari rumah sakit yang sudah termasuk dalam rencana pemulangan (discharge planning ) dan dapat dilaksanakan oleh perawat dari rumah sakit semula, oleh perawat komunitas di mana pasien berada, atau tim keperawatan khusus yang menangani perawatan di rumah.
2.         Perawatan di rumah merupakan bagian dari asuhan keperawatan keluarga, sebagai tindak lanjut dari tindakan unit rawat jalan atau puskesmas.
3.         Pelayanan kesehatan berbasis dirumah merupakan suatu komponen rentang keperawatan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka, yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.
4.         Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien individu dan keluarga, direncanakan, dikoordinasikan dan disediakan oleh pemberi pelayanan yang diorganisir untuk memberi pelayanan di rumah melalui staf atau pengaturan berdasarkan perjanjian kerja (kontrak) (warola,1980 dalam Pengembangan Model Praktek Mandiri keperawatan dirumah yang disusun oleh PPNI dan Depkes).

Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan perawatan kesehatan di rumah adalah :
1.         Suatu bentuk pelayanan kesehatan yang komprehensif bertujuan memandirikan klien dan keluarganya,
2.         Pelayanan kesehatan diberikan di tempat tinggal klien dengan melibatkan klien dan keluarganya sebagai subyek yang ikut berpartisipasi merencanakan kegiatan pelayanan,
3.         Pelayanan dikelola oleh suatu unit/sarana/institusi baik aspek administrasi maupun aspek pelayanan dengan mengkoordinir berbagai kategori tenaga profesional dibantu tenaga non profesional, di bidang kesehatan maupun non kesehatan (Depkes, 2002).
4.         Pelayanan keperawatan yang diberikan meliputi pelayanan primer, sekunder dan tersier yang berfokus pada asuhan keperawatan klien melalui kerjasama dengan keluarga dan tim kesehatan lainnya. Perawatan kesehatan di rumah adalah spektrum kesehatan yang luas dari pelayanan sosial yang ditawarkan pada lingkungan rumah untuk memulihkan ketidakmampuan dan membantu klien yang menderita penyakit kronis (NAHC, 1994).

B.       Perkembangan Perawatan Kesehatan di Rumah.
Sejauh ini bentuk-bentuk pelayanan kesehatan yang dikenal masyarakat dalam sistem pelayanan kesehatan adalah pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Pada sisi lain banyak anggota masyarakat yang menderita sakit karena berbagai pertimbangan terpaksa dirawat di rumah dan tidak dirawat inap di institusi pelayanan kesehatan.
Faktor-faktor yang mendorong perkembangan perawatan kesehatan di rumah adalah:
1.         Kasus-kasus penyakit terminal dianggap tidak efektif dan tidak efisien lagi apabila dirawat di institusi pelayanan kesehatan. Misalnya pasien kanker stadium akhir yang secara medis belum ada upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai kesembuhan,
2.         Keterbatasan masyarakat untuk membiayai pelayanan kesehatan pada kasus-kasus penyakit degeneratif yang memerlukan perawatan yang relatif lama. Dengan demikian berdampak pada makin meningkatnya kasus-kasus yang memerlukan tindak lanjut keperawatan di rumah. Misalnya pasien pasca stroke yang mengalami komplikasi kelumpuhan dan memerlukan pelayanan rehabilitasi yang membutuhkan waktu relatif lama,
3.         Manajemen rumah sakit yang berorientasi pada profit, merasakan bahwa perawatan klien yang sangat lama (lebih 1 minggu) tidak menguntungkan bahkan menjadi beban bagi manajemen,
4.         Banyak orang merasakan bahwa dirawat inap di institusi pelayanan kesehatan membatasi kehidupan manusia, karena seseorang tidak dapat menikmati kehidupan secara optimal karena terikat dengan aturan-aturan yang ditetapkan,
5.         Lingkungan di rumah ternyata dirasakan lebih nyaman bagi sebagian klien dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit, sehingga dapat mempercepat kesembuhan (Depkes, 2002).

C.      Landasan Hukum
a.         UU Kes.No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan
b.         PP No. 25 tahun 2000 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah.
c.         UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah
d.        UU No. 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran
e.         Kepmenkes No. 1239 tahun 2001 tentang regestrasi dan praktik perawat
f.          Kepmenkes No. 128 tahun 2004 tentang kebijakan dasar puskesmas
g.         Kepmenkes No. 279 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan Perkesmas.
h.         SK Menpan No. 94/KEP/M. PAN/11/2001 tentang jabatan fungsonal perawat.
i.           PP No. 32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan
j.           Permenkes No. 920 tahun 1986 tentang pelayan medik swasta

D.      Tujuan Home Care
a.         Tujuan Umum : Meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga
b.         Tujuan Khusus:
1.    Terpenuhi kebutuhan dasar ( bio-psiko- sosial- spiritual ) secara mandiri.
2.    Meningkatkan kemandirian keluarga dalam pemeliharaan kesehatan.
3.    Meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan kesehatan di rumah
4.    Membantu klien memelihara atau meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidupnya,
5.    Meningkatkan keadekuatan dan keefektifan perawatan pada anggota keluarga dengan masalah kesehatan dan kecacatan,
6.    Menguatkan fungsi keluarga dan kedekatan antar keluarga,
7.    Membantu klien tinggal atau kembali ke rumah dan mendapatkan perawatan yang diperlukan, rehabilitasi atau perawatan paliatif,
8.    Biaya kesehatan akan lebih terkendali.

E.       Ruang Lingkup Home Care
Ruang Lingkup Home Care, yaitu:
a.         Memberi asuhan keperawatan secara komprehensif
b.         Melakukan pendidikan kesehatan pada pasien dan keluarganya.
c.         Mengembangkan pemberdayaan pasien dan keluarga

Secara umum lingkup perawatan kesehatan di rumah juga dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.         Pelayanan medik dan asuhan keperawatan
2.         Pelayanan sosial dan upaya menciptakan lingkungan yang terapeutik
3.         Pelayanan rehabilitasi dan terapi fisik
4.         Pelayanan informasi dan rujukan
5.         Pendidikan, pelatihan dan penyuluhan kesehatan
6.         Higiene dan sanitasi perorangan serta lingkungan
7.         Pelayanan perbaikan untuk kegiatan social

Menurut Rice R (2001) jenis kasus yang dapat dilayani pada perawatan kesehatan di rumah meliputi kasus-kasus yang umum pasca perawatan di rumah sakit dan kasus-kasus khusus yang di jumpai di komunitas.Kasus umum yang merupakan pasca perawatan di rumah sakit adalah:
a.         Klien dengan penyakit gagal jantung,
b.         Klien dengan gangguan oksigenasi,
c.         Klien dengan perlukaan kronis,
d.        Klien dengan diabetes,
e.         Klien dengan gangguan fungsi perkemihan,
f.          Klien dengan kondisi pemulihan kesehatan atau rehabilitasi,
g.         Klien dengan terapi cairan infus di rumah,
h.         Klien dengan gangguan fungsi persyarafan,
i.           Klien dengan HIV/AIDS.

Sedangkan kasus dengan kondisi khusus, meliputi :
1.         Klien dengan post partum,
2.         Klien dengan gangguan kesehatan mental,
3.         Klien dengan kondisi usia lanjut,
4.         Klien dengan kondisi terminal.
5.         Klien dengan penyakit obstruktif paru kronis,

F.       Prinsip Home Care
a.         Pengelolaan home care dilaksanaka oleh perawat/ tim
b.         Mengaplikasikan konsep sebagai dasar mengambil keputusan dalam praktik.
c.         Mengumpulan data secara sistematis, akurat dan komrehensif.
d.        Menggunakan data hasil pengkajian dalam menetakan diagnosa keperawatan.
e.         Mengembangkan rencana keperawatan didasarkan pada diagnosa keperawatan.
f.          Memberi pelayanan prepentif, kuratif, promotif dan rehabilitaif.
g.         Mengevaluasi respon pasien dan keluarganya dalam intervensi keperawatan
h.         Bertanggung jawab terhadap pelayanan yang bermutu melalui manajemen kasus.
i.           Memelihara dan menjamin hubungan baik diantara anggota tim.
j.           Mengembankan kemampuan profesional.
k.         Berpartisifasi pada kegiatan riset untuk pengembangan home care.
l.           Menggunakan kode etik keperawatan daam melaksanakan praktik keperawatan

G.      Peran dan Fungsi Perawat Home Care
1. Manajer kasus: Mengelola dan mengkolaborasikan pelayanan,dengan fungsi :
a.         Mengidentifikasi kebutuhan pasien dan keluarga.
b.         Menyusun rencana pelayanan.
c.         Mengkoordinir aktifitas tim
d.        Memantau kualitas pelayanan
2. Pelaksana: memberi pelayanan langsung dan mengevaluasi pelayanan. dengan fungsi:
a.         Melakukan pengkajian komprehensif
b.         Menetapkan masalah
c.         Menyusun rencana keperawatan
d.        Melakukan tindakan perawatan
e.         Melakukan observasi terhadap kondisi pasien.
f.          Membantu pasien dalam mengembangkan prilaku koping yang efektif.
g.         Melibatkan keluarga dalam pelayanan
h.         Membimbing semua anggota keluarga dalam pemeliharaan kesehatan.
i.           Melakukan evaluasi terhadap asuhan keperawatan.
j.           Mendokumentasikan asuhan keperawatan.

H.      Standar Uraian Tugas Dan Fungsi Pengelola Home Care
1.         Ketua Pengelola
a.    Mengkoordinasikan semua kegiatan pengelolaan Perawatan di rumah
b.    Melakukan perlakuan yang baik terhadap pelaksanaan pelayanan dan klien
c.    Meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan Pelayanan
d.   Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap kinerja pelayanan.
e.    Menyusun laporan pelaksanaan Home Care secara berkesinambungan
2.         Ketua Bidang Administrasi/Keuangan
a.    Mengkoordinasikan semua kegiatan administrasi dan keuangan Home Care
b.    Melakukan perlakuan yang baik terhadap administrasi pengelolaan Home Care
c.    Meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan pada bidang administrasi dan keuangan Home Care
d.   Melaksanakan pengawasan, pengendalian proses adm. keuangan Home Care
e.    Menyusun laporan administrasi keuangan Home Care
3.         Ketua Bidang Pelayanan
a.    Mengkoordinasikan semua kegiatan pelayanan perawatan
b.    Melakukan perlakuan yang baik terhadap proses pelaksanaan Home Care
c.    Meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan terhadap sumber daya manusia keperawatan
d.   Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan pelayanan Home Care.
e.    Menyusun laporan kegiatan pelayanan keperawatan di rumah
4.         Penanggung Jawab Kasus/ Koordinator
a.    Mengkoordinasikan semua kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh pelaksanan pelayanan
b.    Melakukan perlakuan yang baik terhadap pelaksanaan keperawatan dan klien di rumah
c.    Meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan keperawatan
d.   Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan kepada pelaksana keperawatan
e.    Menyusun laporan kegiatan pelayanan sesuai bidang tugasnya
5.         Pelaksanan Pelayanan
a.    Melaksanakan pengkajian dan menentukan diagnosa keperawatan
b.    Menyusun rencana keperawatan sesuai dengan diagnosa keperawatan
c.    Melaksanakan intervensi / tindakan keperawatan sesuai rencana yang ditentukan
d.   Mengevaluasi kegiatan/ tindakan yang diberikan dg. berpedoman pada renpra.
e.    Membuat dokumentasi tertulis pada rekam keperawatan setiap selesai melaksanakan tugas
6.         Konsulen
a.    Menerima konsultasi dari pelaksanaan keperawatan dan memberikan petunjuk / advis sesuai kewenangannya
b.    Memberikan advokasi khususnya dalam bidang tindakan medik
c.    Melaksanakan tindakan-tindakan medik sesuai kewenangannyad. Memeriksa, menentukan Diagnosa dan memberi terapi medik

I.         Kegiatan Home Care
Manajemen Kasus Home Care
1.        Melakukan seleksi kasus
a.    Resiko tinggi ( Bayi, balita, lansia, ibu maternal )
b.    Cidera tulang belakang cidera kepala
c.    Coma, Diabetes mellitus, gagal jantung, asma berat
d.   Stroke
e.    Amputasi
f.     Ketergantungan obat
g.    Luka kronis.
h.    Disfungsi kandung kemih
i.      Rehabilitasi medik
j.      Nutrisi melalui infuse
k.    Post partum dan masalah reproduksi
l.      Psikiatri
m.  Kekerasan dalam rumah tangga

2.        Melakukan pengkajian kebutuhan pasien.
a.    Kondisi fisik
b.    Kondisi psikologis
c.    Status sosial ekonomi
d.   Pola prilaku pasien
e.    Sumber- sumber yang tersedia di keluarga pasien

3.        Membuat perencanaan pelayanan
a.    Membuat rencana kunjungan
b.    Membuat rencana tindakan
c.    Menyeleksi sumber- sumber yang tersedia di keluarga / masyarakat.

4.        Melakukan koordinasi pelayanan
a.    Memberi informasi berbagai macam pelayanan yang tersedia
b.    Membuat perjanjian kepada pasien da keluarga tentang pelayanan
c.    Menkoordinasikan kegiatan tim sesuai jadwal
d.   Melakukan rujukan pasien

5.        Melakukan pemantauan dan evaluasi pelayanan.
a.    Memonitor tindakan yang dilakukan oleh tim
b.    Menilai hasil akhir pelayanan ( sembuh, rujuk, meninggal, menolak )
c.    Mengevaluasi proses manajemen kasus
d.   Monitoring dan evaluasi kepuasan pasien secara teratur

J.        Pencatanan dan Pelaporan home care
1)        Pencatatan Manajemen kasus
a.    Persetujuan pasien
b.    Jadwal kunjungan
c.    Lembar pengobatan
d.   Tindakan time. Rujukan kasus
e.    Penghentian perawatan

2)        Pencatatan pelaksanaan asuhan keperawatan
a.    Pengkajian keperawatan
b.    Perencanaan asuhan
c.    Evaluasi asuhan

3)        Alur Pelaporan
a.    Home Care
b.    Dinkes Kab.
c.    Dinkes Prov
d.   Depkes

4)        Materi laporan
a.    Jumlah pasien
b.    Jenis penyakit
c.    Frekuensi kunjunagn tiap kasus
d.   Jumlah pasien dapat pengobatan
e.    Jumlah pasien yang dirujuk
f.     Jumlah pasien yang meninggal
g.    Penyebab kematian
h.    Tingkat keberhasilan /kemandirian pasien
i.      Jenis tenaga yang memberi pelayanan

K.      Tatalaksana Home Care
1.         Prasyarat Penyelenggara Home Care
Ketenagaan
a.    Manajer kasus, dengan kualifikasi:
·      Minimal D.III
·      Pemegang sertifikat pelatihan home care
·      Pengalaman kerja minimal 3 tahun
·      Memiliki SIP,SIK,SIPP

b.    Pelaksana pelayanan, dengan kwalifikasi :
·      Minimal D.III
·      Pemegang sertifikat pelatihan home care
·      Pengalaman kerja minimal 3 tahun
·      Memiliki SIP,SIK,SIPP

Alat/ sarana
a.    Alat kesehatan
·      Tas/ kit
·      Pemeriksaan fisik
·      Set perawatan luka
·      Set emergency
·      Set pemasangan selang lambung
·      Set huknah
·      Set memandikan
·      Set pengambilan preparat
·      Set pemeriksaan lab. Sederhana
·      Set infus/ injeksi
·      Sterilisator
·      Pot/ urinal
·      Tiang infuse
·      Tempat tidur khusus orang sakit
·      Pengisap lender
·      Perlengkapan oxygen
·      Kursi roda
·      Tongkat/ tripot
·      Perlak/ alat tenun

b.    Alat habis pakai
·      Obat emergency
·      Perawatan luka
·      Suntik/ pengamian darah
·      Untuk infuse
·      Pemasangan selang lambung
·      Huknah, selang lambung, kateter
·      Sarung tangan, masker

L.       Standart Alat Home Care
Peralatan Home Care
1.         Set tempat tidur khusus orang sakit
2.         Set kursi roda/ tongkat/ kruk/ tripot
3.         Set oksigen
4.         Set penghisap lender
5.         Set bab/ bak
6.         Set suntik
7.         Set perawatan luka
8.         Set pemasangan selang lambung
9.         Set huknah/ klisma
10.     Set pemasangan selang catheter
11.     Set preparat pemeriksaan laboratorium.
12.     Set formulir untuk asuhan keperawatan

Bahan Habis Pakai Home Care
1.         Kasa/ kapas steril
2.         Kertas tissue
3.         Cairan pelicin/ minyak/ jelly
4.         Plester/ pembalut
5.         Kantong plastik untuk sampah biologis dan infeksius.
6.         Alkohol 70 %/ cairan desinfektan
7.         Obat merchurochrom 70 %
8.         Tabung plastik/ botol tempat preparat tinja, urine.
9.         Bilah kayu untuk mengambil preparat.
10.     Sabun/ deterjen.11. Resusisator untuk bayi
11.     Semprit dan jarum suntik dispossible ukuran. 1,2,3, 5,10,20

Obat-obatan emergency
1.         Adrenalin
2.         Dexametazon
3.         Xyllo dan Deladryl
4.         Cairan infus

Sarana lain
1.         Alat dan media pendidikan kesehatan
2.         Ruangan beserta perlengkapannya
3.         Kendaraan
4.         Alat komunikasi
5.         Alat informasi/ dokumentasi

M.     Perijinan Home Care
1.    Berbadan hukum ( yayasan, badan hukum lainnya )
2.    Permohonan ijin ke Dinkes kabupaten/ Kota, dengan melampirkan:
a.    Rekomendasi PPNI
b.    Ijin prakik perawat ( SP, SIK, SIPP )
c.    Persyaratan peralatan kesehatan dan sarana komunikasi dan transportasi
d.   Ijin lokasi bangunan
e.    Ijin lingkungan
f.     Ijin usaha
g.    Persyaratan tata ruang bangunan

N.      Mekanisme Pelayanan Home Care
1.         Proses penerimaan kasus
a.    Home care menerima pasien dari rumah sakit, puskesmas, sarana lain, keluarga
b.    Pimpinan home care menunjuk menejer kasus untuk mengelola kasus
c.    Manajer kasus membuat surat perjanjian dan proses pengelolaan kasus

2.         Proses pelayanan home care
a.    Persiapan
·       Pastikan identitas pasien
·       Bawa denah/ petunjuk tempat tinggal pasien
·       Lengkap kartu identitas unit tempat kerja
·       Pastikan perlengkapan pasien untuk di rumah
·       Siapkan file asuhan keperawatan
·       Siapkan alat bantu media untuk pendidikan

b.    Pelaksanaan
·       Perkenalkan diri dan jelaskan tujuan.
·       Observasi lingkungan yang berkaitan dengan keamanan perawat
·       Lengkapi data hasil pengkajian dasar pasien
·       Membuat rencana pelayanan
·       Lakukan perawatan langsung
·       Diskusikan kebutuhan rujukan, kolaborasi, konsultasi dll
·       Diskusikan rencana kunjungan selanjutnya dan aktifitas yang akan dilakukan
·       Dokumentasikan kegiatan

c.    Monitoring dan evaluasi
·       Keakuratan dan kelengkapan pengkajian awal
·       Kesesuaian perencanaan dan ketepatan tindakan
·       Efektifitas dan efisiensi pelaksanaan tindakan oleh pelaksanan

d.   Proses penghentian pelayanan home care, dengan kreteria :
·       Tercapai sesuai tujuan
·       Kondisi pasien stabil
·       Program rehabilitasi tercapai secara maximal
·       Keluarga sudah mampu melakukan perawatan pasien
·       Pasien di rujuk• Pasien menolak pelayanan lanjutan
·       Pasien meninggal dunia

O.      Pembiayaan Home Care
1.    Prinsip penentuan tarif
a.    Pemerintah/ masyarakat bertanggung jawab dalam memelihara kesehatan
b.    Disesuaikan dengan kemampuan keuangan dan keadaan sosial ekonomi
c.    Mempertimbangkan masyarakat bepenghasilan rendah/ asas gotong royong
d.   Pembayaran dengan asuransi ditetapkan atas dasar saling membantu
e.    Mencakup seluruh unsur pelayanan secara proporsional

2.    Jenis pelayanan yang kena tarif
a.    Jasa pelayanan tenaga kesehatan
b.    Imbalan atas pemakaian sarana kesehatan yang digunakan langsung oleh pasien
c.    Dana transportasi untuk kunjungan pasien

P.       Pemantauan, Pembinaan Dan Penilaian
Pemantauan Home Care
a.     Aspek fisik
b.    Manajerial
c.     Sumber daya
d.    Pelayanan
e.     Pembiayaan

Pembinaan Home Care
a.     Aspek fisik
b.    Manajerial
c.     Sumber daya
d.    Pelayanan
e.     Pembiayaan

Penilaian Home Care
a.     Kelengkapan dokumen
b.    Kesesuaian pelayanan dari berbagai profesi
c.     Kepuasan pelanggan
d.    Kemandirian pasien/ keluarga


BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Home health care merupakan pelayanan kesehatan yang holistik dengan mempertimbangkan aspek bio, psiko, sosial, spiritual dan ekonomi secara komprehensip dengan mengutamakan kepentingan dan kepuasan klien yang dilaksanakan secara efektif dan efisien. Home care merupakan upaya terbaik bagi klien penyakit kronis dan lain-lain untuk meningkatkan dan mempertahankan kemampuan individu secara optimal. Home care nursing banyak manfaat yang dapat diperoleh yaitu hemat dalam biaya, waktu, tenaga dan pikiran. Sebagai praktek lahan kemandirian profesi dituntut kemampuan profesional. Dengan kemajuan masyarakat, kode etik dan standar profesi harus sebagai dasar dalam melaksanakan tugas sebagai profesi. Diperlukan team kesehatan yang solid untuk memberikan pelayanan yang komprehensif dan paripurna,

B.       SARAN
·           Bagi perawat
Perawat yang menjalankan perawatan home care hendaknya sudah memiliki SIP, harus kompeten dalam bidangnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya.

·           Bagi pasien dan keluarga
Hendaknya pasien dan keluarga dapat bersifat terbuka terhadap perawat home care, mengikuti anjuran dari perawat, membantu dalam proses tindakan keperawatan, dan dapat bersifat kooperatif dalam menerima informasi dari perawat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar